Rabu, 25 Mei 2011

Keriting itu Cantik!


Tiga kata ini ingin saya teriakkan kepada seseorang yang merasa rambut lurusnyalah yang paling cantik. Waktu itu saat ngumpul, dimana sebagian besar yang ngumpul adalah berambut keriting dan dia sendiri yang berambut lurus..

"eh eh btw, disini cuma gue ya yang rambutnya cantik.."

he? cantik? diliat dr mana cantiknya? org rambutnya lurus biasa banget kok.
Oke anggap saja dia becanda. Tapi mendengar pernyataan itu saya benar-benar merasa tersinggung. Atas dasar apa rambut lurus dibilang cantik dan jenis rambut lain (keriting) itu jelek? Siapa yang nentuin itu aturan??

Kekesalan saya pun berlanjut ketika ke salon, PASTI SELALU dianjurin bonding, atau smoothing. Memangnya kenapa kalo saya berambut keriting? Ini yang membuat saya gk betah di satu salon dan selalu berpindah-pindah mencari salon yang menghargai jenis rambut saya.

Bukan berarti saya beranggapan bahwa rambut lurus itu jelek. Tapi yang saya pahami, bahwa semua rambut itu cantik kalau terawat. Apapun jenisnya.

Dulu saya juga terjebak dalam pemikiran yang kolot itu. Saya beranggapan bahwa keriting ini menyebalkan, ngerepotin, gk cantik, gk bisa diapa-apain, gk rapi, dsb. Saya sangat ingin merasakan bagaimana mempunyai rambut lurus, seperti model-model di tv. Sampai akhirnya waktu saya SMA, bonding rambut menjadi tren. Dan saya melakukannya! Saya merasa segar setelah sumpek dengan rambut "kusut". Kepala saya terasa ringan, saya merasa "cantik" bak seorang model iklan shampoo (haha :p). Respon dari orang-orang dekat pun beragam, ada yg bilang cantik, ada yang bilang aneh, bahkan om saya bilang saya seperti "bibi" dengan rambut "kempes" begitu. haha :(
Minggu-minggu pertama gk ada masalah. Tapi setelah itu apa? rambut saya yang gk pernah ada masalah dengan rontok, akhirnya sdikit demi sedikit mulai rontok. Saya takut jadi botak jadi cepat-cepat saya beli vitamin dan serum. Tapi percuma, memang rontoknya berkurang, tapi tetap rontok..

Bulan ketiga, rambut pangkalnya mulai tumbuh rambut keriting lagi.. Saya merasa rambut saya JELEK banget saat itu. Aneh ngliat rambut yang bawahnya lurus banget runcing-runcing, pangkalnya bergelombang. Dan rontoknya masih berlanjut.. T^T

Saya semakin depresi ketika melihat video yang direkam teman saya yang gk sengaja ngeliatin rambut saya yang diikat dibelakang. Tipiiisss banget! ;((

Saat itu saya sempat berpikiran ngebotakin rambut biar tumbuhnya keriting yang sehat kaya dulu lagi. Saya kangen sama rambut saya.

Dan sekarang saya sudah memilikinya kembali. :) Malah semakin sayang dengan rambut ini. Saya sudah menemukan cara merawatnya sekarang.

Mungkin beberapa tips dari saya untuk pemilik rambut keriting:
1. Jangan mengeluhkan rambut Anda! Karena jika mengeluh, pandangan terhadap rambut menjadi negatif dan sehingganya malas ngerawat rambut. Love them!

2. Cuci 1x 2hari, menggunakan shampoo dan conditioner yang cocok. Keseringan keramas membuat rambut jadi kering dan pecah.

3. Jangan disisir! Karena sakitnya minta ampun. Jadi kalo cara saya, Setiap make conditioner, pisahkan rambut-rabut dengan jari secara lembut.

4. keringkan rambut secara alami.

5. Gunakan hair tonic dan serum supaya rambut gk rontok. :)

Semoga tidak ada lagi anggapan bahwa rambut jenis ini cantik dan itu jelek.

1 komentar:

yohart mengatakan...

hidup keriting!!...haha

Posting Komentar