Selasa, 24 Mei 2011

Buah Naga itu Sehat!! :D


Kali ini saya tertarik menulis tentang buah naga setelah merasakan salah satu manfaatnya dalam beberapa hari terakhir ini. Ya, dalam minggu ini saya lancar BAB tiap hari setelah rutin makan buah ini. (ahaha, sebenarnya dalam kasus ini tidak hanya buah naga yang berfungsi sebagai pencahar alami, tetapi sekaligus ingin promosiin buah ini kepada teman-teman :p)

Tentunya berhubung ilmu saya sangat minim dalam hal ini, sumber tulisan ini saya dapatkan dari beberapa situs yang di bawah akan saya cantumkan linknya.


Disebut sebagai Dragon Fruits (buah naga) karena berpenampilan bersisik, merupakan buah yang indah dengan bentuk intens dan warna dan bunga-bunga yang mempesona. Karena bunga tanaman ini mekar pada malam hari, ia juga dikenal sebagai Queen of the Night, Lady of the Night dan Moonflower. Biasanya merah gelap, buah naga juga dapat ditemukan dalam warna pink atau kuning. Kulit tipis ditutupi dengan sisik hijau besar. Daging buah berisi "bubur" dengan rasa manis dengan warna merah atau putih, dengan biji hitam kecil yang tersebar merata di dagingnya.
Buah ini berasal dari Meksiko dan Amerika Selatan dan Tengah. Buah naga saat ini dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Thailand, Filipina, Sri Lanka, Malaysia dan termasuk Indonesia. Buah ini juga ditemukan di Okinawa, Hawaii, Palestina, Australia utara dan Cina bagian selatan. Manfaat gizi yang berbeda dari buah naga ini yang menjadikannya pilihan populer di kalangan banyak orang saat ini.

Manfaat Buah Naga

1. Sebagai antioksidan
Antioksidan melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh molekul yang sangat reaktif yang dikenal sebagai radikal bebas yang telah dikaitkan dengan masalah kesehatan termasuk kanker, Alzheimer dan penyakit jantung. Antioksidan bereaksi dengan dan efektif menetralisir radikal bebas. Meskipun radikal bebas adalah bagian dari proses metabolisme sel alami, tubuh tidak 100% efektif menghilangkannya – khususnya pada penuaan. Mengkonsumsi antioksidan seperti buah naga membantu tubuh membuat perbedaan.

Meskipun suplemen yang mengaku menawarkan sejumlah besar manfaat antioksidan mungkin terdengar baik, kenyataannya adalah bahwa makanan seperti buah naga memiliki ribuan jenis zat antioksidan. Suplemen yang berisi hanya satu jenis antioksidan (misalnya suplemen vitamin E) mengambil dosis tinggi tunggal dari senyawa antioksidan tunggal mungkin dalam kenyataannya bisa menyebabkan kerusakan atau menjadi racun. Tetaplah konsumsi asupan dengan sumber-sumber antioksidan buah naga dan buah-buahan dan sayuran segar lainnya dan hindari mengambil jalan pintas melalui pil.

2. Sumber Alami Vitamin C
Terdapat hampir 50% dari kebutuhan harian yang direkomendasikan asupan Vitamin C dalam 100 gram buah naga kering dan kira-kira dalam 1 kg buah segar. Ini adalah tingkat yang baik untuk sumber alami vitamin C dari buah segar, dan melengkapi kebutuhan harian vitamin C. Vitamin C membantu mempercepat penyembuhan memar dan luka dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

3. Mono-unsaturated Fatty Acid (MUFA)
Buah naga memang memiliki sejumlah kecil lemak karena terdapat begitu banyak biji di bagian daging buah. Terdapat ribuan biji hitam kecil dalam setiap buah naga, yang merupakan sumber dari lemak ini. Banyak buah-buahan yang kita makan memiliki benih yang dapat kita dipisahkan, seperti apel, jeruk, dll sehingga kita cenderung berpikir tentang buah-buahan itu benar-benar bebas lemak dan protein. Tetapi pada buah naga adalah mustahil untuk menghilangkan bijinya kecuali dengan menekan dengan saringan, karena biji yang sangat kecil dan tercampur merata dalam daging buahnya. Untungnya lemaknya adalah lemak sehat mono-unsaturated fat, tentu saja, mereka tidak diproses dengan cara apapun dan karena itu tidak ada trans berbahaya yang tidak sehat seperti lemak yang terdapat pada kebanyakan junk food dan makanan olahan.

Makanan yang mengandung MUFA seperti buah naga ini dapat menurunkan total kolesterol darah, dan low-density lipoprotein (LDL) kolesterol (kolesterol jahat), sementara mungkin meningkatkan high-density lipoprotein (HDL) kolesterol (kolesterol baik). Namun, kemampuan sejati mereka untuk meningkatkan HDL masih dalam perdebatan.

4. Kaya Serat Pangan
Serat pangan merupakan faktor nutrisi penting bagi semua orang dari muda sampai tua, dan cara terbaik untuk mendapatkan serat makanan adalah dengan menkonsumsi buah-buahan dan sayuran termasuk buah-buahan seperti buah naga. Buah naga memiliki banyak serat dengan hampir 1 gram serat per 100 gram buah naga segar. Serat pangan ini bermanfaat untuk melancarkan buang air besar sehingga dapat menghindari peningkatan kolesterol darah dan penyakit lain yang berhubungan dengan susah buang air besar.

5. Karoten membantu menjaga dan juga meningkatkan kesehatan mata

6. Komponen protein dari buah naga meningkatkan metabolisme tubuh

7. Kalsium memperkuat tulang dan membantu dalam pembentukan gigi sehat

8. Vitamin B2 bertindak sebagai multi vitamin untuk memulihkan dan memperbaiki kehilangan nafsu makan

9. Vitamin B1 membantu dalam produksi energi serta metabolisme karbohidrat

10. Vitamin B3 menurunkan tingkat kolesterol jahat dan meningkatkan penampilan kulit dengan pelembab dan menjadi mulus.

11. Fosfor membantu dalam pembentukan jaringan

12. Sebagai probiotik, yaitu untuk stimulasi aktivitas bakteri baik di usus manusia. (masih dalam pengembangan penelitian)


Nilai Gizi Buah Naga: per 100 g

•Karoten: 0.012 g.
•Vitamin C: 9.0 mg.
•Thiamine (Vitamin B1) traces
•Riboflavin (Vitamin B2): 0.045 mg.
•Niacin (Vitamin B3): 0.430 mg.
•Kalsium: 6 -10 mg
•Zat besi: 0.3 - 0.7 mg
•Fosfor: 16 - 36 mg.
•Karbohidrat: 9-14 g
•Protein: 0.15 - 0.5 g
•Serat: 0.3 - 0.9 g
•Air: 80-90g
•Lemak: 0.1 - 0.6 g
•Kalori: 35 - 50

[[sumber bacaan]]
http://dragon-fruit.biz/
http://findarticles.com/p/articles/mi_m0887/is_12_29/ai_n56719678/?tag=mantle_skin;content

0 komentar:

Posting Komentar